Beliau RA berkata tentang dakwah, Yang wajib bagi kita yaitu harus menjadi daI dan tidak harus menjadi qodli atau mufti (katakanlah wahai Muhammad SAW inilah jalanku, aku mengajak kepada Allah dengan hujjah yang jelas aku dan pengikutku) apakah kita ikut padanya (Rasulullah) atau tidak ikut padanya? Arti dakwah adalah memindahkan manusia dari kejelekan menuju kebaikan, dari kelalaian menuju ingat kepada Allah, dan dari keberpalingan kembali menuju kepada Allah, dan dari sifat yang buruk menuju sifat yang baik.

Tuesday, May 31, 2011

Didalam Hadits diceritakan, ketika Allah Ta’ala menghendaki untuk mengumpulkan para makhluk, maka Allah Ta’ala menghidupkan malaikat Jibril dan Mikail as., serta malaikat Israfil dan Izrail as. Permulaan makhluk yang dihidupkan oleh Allah adalah Israfil, lalu Israfil mengambil sangkala dari Arasy,selanjutrnya Allah menghidupkan malaik...at Ridwan, seraya berfirman: Hai Ridwan, perhiasilah surga-surga itu dan siapkan pakaian bagi Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam. Serta umatnya. Kemudian datanglah para malikat dengan (membawa) buraq serta mahkota dan bendera Ahmad, termasuk dua pakaian dari pakaian surga.

Binatang yang pertama kali dihidupkan oleh Allah adalah Buraq, lalu Allah Ta’ala berfirman: Pakaianilah Buraq ini! Maka para malaikat memakaiakan pada buraq itu pelana yang bertahtakan permata dari yakut merah(sejenis permata indah), dan kendalinya dari zabar jamrut yang hijau, kedua pakaian itu salah satunya(berwarna) hijau dan yang lain berwarna kuning. Lalu Allah Ta’ala befirman: Berangkatlah kalian ke kubur Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam. Maka malaikat itu sama pergi, dan benar-0benar bumi ini masih dalam keadaan kosong dan rata, sedangkan para malaikat itu tidak mengetahui, di mana kubur Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam.? Lalu tampaklah Nur Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam. Seperti tiang dari kubur yang menembus sampai ke tengah langit. Berkatalah Jibril as.: Hai Israfil yang memanggil(Muhammad), maka dengan perantaraan tanganmu Allah Ta’ala mengumpulkan para makhluk melalui tanganmu. Llau Israfil berkata pada Jibril: Kamu sajalah yang memanggil! Maka sesungguhnya kamu itu adalah kekasihnya waktu di dunia. Jibril menjawab: Aku merasa malu kepada Muhammad. Maka Israfil as.berkata(kepada temannya) yaitu Mikail : Hai Mikail kamu sajalah yang memanggil pada Muhammad. Maka Malaikat Mikail berkata(pada kubur Muhammad): Kepadamu Hai Muhammad, maka nabi Muhammad tidak menjawabinya. Lalu ketiga malaikat berkata kepada malaikat maut: Kamu sajalah yang memanggil. Maka malaikat maut berkata : hair ruh yang suci kembalilah kepada badan yang suci. Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam. Tetap tidak menjawabinya. Kemudian Israfil as. Memanggil : Hai Ruh yang suci masuklah ke badan yang suci. Maka nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam tidak menjawabinya. Kemudian Izrail as. Memanggilnya : Hai Muhammad bangunlah, untuk memutuskan hukuman dan hisab serta menghadap kepada Dzat Yang Maha Penyayang.

Akhirnya pecahlah kubur tersebut, ketika itu, Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam. Duduk dalam kuburnya sedang membersihkan debu dari kepalanya dan jenggotnya. Lalu malaikat Jibril as. Memberikan kepada Nabi dua pakaian dan Buraq. Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam berkata: Hai Jibril, hari apa ini? Jibril menjawab : Ini adalah hari kiamat, hari kerugian, hari penyesalan, hari Buraq, hari berpisah, dan hari bertemu. Maka Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam berkata : Hai Jibril, gembirakanlah aku. Jibril berkata : Surga benar-benar telah diperhias karena kedatanganmu, dan neraka benar-benar telah di tutup. Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam berkata : Aku tidak meminta kepadamu dari perkara ini, tetapi aku meminta kepadamu tentang Umatku yang sama berdosa barangkali kamu meninggalkan mereka di Shirat(jembatanm). Maka Israfil berkata : Demi kemuliaan tuhanku, Hai Muhammad aku belum meniup sangkala(untuk) membangkitkan sebelum kamu bangkit(lebih dahulu).Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa sallam berkata : Sekarang bahagialah hatiku dan menjadi segar mataku. Lalu Nabi mengambil mahkota dan pakaian, kemudian beliau memakainya kedua pakaian itu (selanjutnya) beliau naik buraq.

Dikutip dari : Kitab Daqoiqul Akbar_Imam Abdirrahman bin Ahmad Al-Qadly

(Bab Tentang Allah Mengumpulkan Sesuatu dari Para Makhluk)
 
 

No comments:

Post a Comment